Jumat, Januari 20, 2012

Ukuran Payudara Ternyata Pengaruhi Risiko Diabetes

Sebuah studi baru menyebutkan bahwa ada suatu hubungan antara ukuran payudara dengan risiko diabetes. Pemilik ukuran payudara besar rentan terserang penyakit tersebut.

Para ilmuwan yang tergabung dalam sebuah penelitian di Harvard University, Amerika mengungkapkan perempuan dengan payudara kecil termasuk mereka yang lebih rendah risiko mengidap diabetes tipe 2, dibandingkan mereka yang cenderung berukuran besar.

Studi yang juga dilakukan Universitas Toronto di Kanada tersebut menyurvei 92.106 perempuan dan menemukan bahwa mereka yang memiliki ukuran cup lebih besar pada usia 20 tahun berisiko terkena diabetes hingga tiga kali lipat dibandingkan mereka yang berukuran kecil.

Prof. Joel Ray menjelaskan hasil temuan ini berkaitan dengan bagaimana pertumbuhan payudara ketika masa pubertas.

"Pubertas ditandai dengan meningkatnya resistan insulin, kondisi tubuh yang tak mampu menyerap glukosa yang menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi dan menjadi cikal bakal diabetes tipe 2," jelas Joel.

Pada remaja yang sehat, kondisi ini akan menghilang setelah pubertas berakhir. Akan tetapi, inilah yang mungkin menyebabkan gadis-gadis tersebut lebih beresiko menderita diabetes di kemudian hari. [berbagai sumber/mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar