Kamis, Desember 02, 2010

Awas Nyeri Saat Ngeseks!

NYERI saat berhubungan seks pada wanita, juga disebut dispareunia, merupakan nyeri yang dialami pada daerah genital atau panggul. Banyak wanita yang mengalami nyeri saat berhubungan seks sesekali dalam hidupnya.

Tahu lebih jelas dan simak beberapa poinnya, seperti yang dikutip dari buku “Panduan Kesehatan Keluarga” oleh Dr Miriam Stoppard.

1. Apa Penyebabnya?
Bagi sebagian besar wanita, nyeri superficial saat hubungan seksual dapat timbul akibat faktor psikologis, seperti kecemasan, rasa bersalah, atau rasa takut penetrasi seksual. Faktor ini juga dapat menimbulkan vaginismus, yaitu kejang tak sadar di sekeliling pintu masuk Miss V. Penyebab yang sering ditemukan adalah keringnya Miss V, khususnya pada wanita di usia pra-menopause, menopause dan pascamenopause. Nyeri superficial selama berhubungan seks juga dapat timbul akibat infeksi saluran kemih atauh genital.

2. Pertolongan Mandiri
Jika Anda merasa nyeri yang dialami akibat kekeringan Miss V karena kurangnya rangsangan, beri tahu pasangan agar meluangkan lebih banyak waktu untuk foreplay. Anda juga dapat mencoba jeli pelumas. Pada wanita menopause, krim estrogen atau spiral yang dimasukkan ke dalam Miss V sangat bermanfaat.

3. Apa yang Dokter Bisa Lakukan?
Jika berkonsultasi dengan dokter, ia mungkin akan mengambil cairan apus Miss V dan leher rahim untuk kemungkinan infeksi, dan mungkin melakukan USG dan CT Scan panggul untuk mencari kejanggalan. Jika tidak ditemukan kelainan, Anda perlu mempertimbangkan kemungkinan penyebab psikologis.(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar