Rabu, Februari 15, 2012

'Silent Killer' Ternyata Penyakit Keturunan

Sebuah studi baru menyebutkan bahwa penyakit jantung atau yang sering disebut 'silent killer' ternyata penyakit keturunan yang dibawa sang ayah.

Penelitian di Inggris menemukan pria yang memiliki variasi kromosom Y memiliki risiko 50% lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan pria lain.

Bahkan risiko tetap sama jika pria tersebut tidak memiliki tekanan darah dan level kolesterol yang tinggi serta merokok.

Ilmuwan juga menegaskan mereka yang memiliki variasi kromosom ini lebih mungkin mewariskan bahaya penyakit jantung koroner kepada anak laki-lakinya.

Seperti dikuti Indianexpress, atu dari lima pria berisiko mengalami perubahan DNA yang menaikkan kesempatan mereka untuk terserang penyakit jantung. Temuan ini turut menjelaskan mengapa pria lebih rentan terkena serangan jantung dibandingkan wanita.

"Kami sangat gembira terhadap hasil penelitian ini karena berhasil menemukan bahwa kromosom Y yang rentan memicu penyakit jantung koroner secara genetik. Kami ingin menganalisis lebih lanjut kromosom Y manusia untuk menemukan varian dan spesifikasi gen yang mendorong hubungan ini," ungkap Dr Maciej Tomaszewski dari University of Leicester.

Penelitian ini didasarkan pada analisis wilayah spesifik pria dari kromosom Y terhadap 3.233 pria di Inggris yang tidak terkait secara biologis.

Hasilnya menunjukkan 90^ pria membawa salah satu dari dua versi umum kromosom Y, yang disebut haplogroup I dan haplogroup R1b1b2.

Orang yang memiliki haplogroup I memiliki risiko lebih tinggi mengalami penyakit jantung koroner dibandingkan pria lain. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar