Selasa, Februari 16, 2010

Diet Sehat Pasca Melahirkan

Perubahan tubuh pasca melahirkan membuat banyak wanita panik. Tak jarang mereka buru-buru melakukan program penurunan berat badan. Tapi hati-hati, diet untuk ibu pasca melahirkan berbeda dengan diet biasa.

Setelah melahirkan, tubuh Anda banyak mengalami perubahan. Tak hanya itu, bagi Anda yang menyusui, asupan makanan harus tetap terjaga untuk memberikan ASI yang berkualitas.

Namun seringkali keinginan untuk mempercantik tubuh tak bisa dihentikan. Berikut tips diet pasca melahirkan dari dr Carmel, Ahli Gizi dari Klinik Primavita, Tebet:

1. Saat yang paling tepat untuk memulai diet adalah enam minggu setelah melahirkan. Waktu ini diperlukan untuk memberi jangka waktu untuk pemulihan kekuatan tubuh setelah melahirkan. Pada masa ini kondisi emosional ibu juga umumnya sudah lebih stabil.

2. Makan-makanan sehat, banyak makan sayuran, buah-buahan dan biji-bijian. Makanlah beras merah, gandum, sereal, karena itu semua kaya akan serat dan karbohidrat.

3. Hindari junkfood dan snack seperti kerupuk, goreng-gorengan, kripik dan soda. Makanan-makanan tersebut hanya akan membuat badan Anda tanpa melar namun tak memiliki nilai gizi yang cukup. Ganti saja snack Anda dengan berbagai pilihan buah.

4. Makanlah sesuai kalori yang dibutuhkan tubuh sekitar 1500-2000 kalori untuk ibu menyusui. Mengurangi jumlah asupan kalori membuat Anda berisiko mengalami masalah kesehatan seperti anemia. Apalagi, kondisi ibu yang baru saja melahirkan perlu banyak pemulihan untuk mencukupi kekurangan darah pasca bersalin.

5. Minum banyak air putih. Asupan air putih dapat berguna untuk membantu membersihkan racun dan dapat membantu meningkatkan upaya penurunan berat badan Anda.

6. Diet dan olahraga merupakan kombinasi yang baik jika ingin berat badan turun. Jika Anda tinggal di sebuah rumah yang memiliki tangga, naik turun tangga setidaknya beberapa kali dalam sehari dapat membantu membakar kalori. Mengajak bayi Anda
jalan-jalan keliling kompleks dengan stroller juga membantu mempercepat pembakaran lemak.

7. Memakai korset juga dapat mengembalikan kekecangan perut setelah melahirkan. Namun jangan memakai korset pada saat tidur karena akan membuat kulit tidak bernafas.

Intinya, diet pasca melahirkan tak melulu harus dilakukan dengan mengurangi asupan makanan. Cukup dengan mengganti

makanan-makanan penimbun lemak dengan makanan lain yang lebih sehat. Namun perhatikan juga kondisi tubuh Anda, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter gizi sebelum program diet Anda dimulai.
(www.detikhot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar