Senin, November 09, 2009

Ladybug Cake

Kue ini dapat dijadikan sebagai referensi makanan untuk anak-anak. Selain bentuknya yang licu, kue ini sangat lezat dengan cita rasa coklatnya.

Bahan-bahan
Cake:
- 2 buah cake bulat, diameter 23 cm
- 2 lembar karton bulat, diameter 23 cm

Chocolate ganache:
- 225 gram coklat masak pekat
- 225 gram mentega/margarin
- 70 gram gula pasir
- 4 butir telur, kocok
- 4 butir kuning telur
- 70 gram tepung terigu

Vanilla butter cream:
- 90 gram mentega/margarin
- 675 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanili ekstrak
- 75 cc susu cair
- 2 tetes pewarna kue berwarna merah

Hiasan:
- 10 buah meisjes bulat warna hitam, seukuran koin
- 2 buah permen wafer vanili
- 2 buah permen lapis coklat
- 3 buah meisjes warna merah

Cara membuat:
Chocolate ganache:
- Panaskan air hingga mendidih, lalu letakkan piring tahan panas, masukkan coklat masak pekat dan mentega, biarkan hingga meleleh dan tercampur rata.
- Tambahkan gula, aduk hingga rata, angkat, lalu sisihkan.
- Siapkan mangkuk besar, masukkan telur dan kuning telur, kocok dengan mixer hingga mengembang, lalu masukkan tepung terigu sedikit-sedikit, aduk hingga rata.
- Tambahkan campuran coklat tadi sedikit-sedikit, aduk perlahan-lahan hingga rata, lalu tuang ke dalam loyang yang telah diolesi dengan sedikit mentega, panggang dalam oven (180 derajat Celsius, 5 menit), angkat.
- Ambil satu buah cake bulat, letakkan di atas selembar karton bulat, lalu tuangkan chocolate ganache yang masih hangat di atas cake.
- Dengan menggunakan pisau, ratakan secara perlahan-lahan hingga chocolate ganache menetes ke sekeliling cake dan menutupinya dengan rata, lalu sisihkan selama satu jam hingga membeku.

Vanilla buttercream:
- Panaskan air hingga mendidih, lalu letakkan piring tahan panas, masukkan mentega di atasnya, biarkan hingga meleleh, angkat, dinginkan selama lima menit.
- Campur mentega tadi dan gula, kocok dengan mixer hingga rata, lalu tambahkan vanili ekstrak dan susu cair sesendok-sesendok, kocok hingga rata dan mengembang, angkat.
- Masukkan pewarna kue berwarna merah, aduk hingga rata, lalu sisihkan.
- Ambil cake bulat satunya, potong menjadi 2 bagian, lalu letakkan di atas selembar karton bulat yang juga telah dipotong menjadi dua bagian.
- Dengan menggunakan pisau, oleskan vanilla butter cream pada tiap potong cake, ratakan, lalu letakkan meisjes bulat warna hitam di atasnya, sisihkan, biarkan hingga frosting membeku.
- Ambil cake yang pertama, beri jarak sekitar 5 cm dari depan untuk wajahnya, lalu letakkan kedua potong cake yang kedua dibelakangnya dengan ujung-ujungnya saling menyentuh dan membentuk sudut.
- Letakkan permen wafer vanili di daerah wajahnya untuk membentuk mata, lalu tempelkan permen lapis coklat dengan menggunakan sedikit sisa frosting di atasnya untuk membentuk bola mata.
- Ambil meisjes warna merah, lalu letakkan 1 buah di daerah wajah untuk membentuk mulut dan 2 buah sisanya untuk membentuk antena. (Sumber: inilah.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar