Senin, Juli 12, 2010

Kue Mangkuk Mahkota

UJUNG-ujung kue yang merekah dibingkai adonan santan putih lembut, membuat kue mangkuk ini bagai mahkota yang indah. Teksturnya lembut dengan cita rasa manis-gurih menggoda.

Bahan-bahan:
- 400 gram gula merah
- 300 ml air kelapa
- 400 gram tepung terigu
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh baking powder
- 1 sendok teh soda kue
- 150 ml santan, dari 1 butir kelapa

Adonan santan campur jadi satu:
- 400 ml santan, dari 1 butir kelapa
- 75 gram tepung beras
- 20 gram tepung kanji
- 1 sendok teh garam

Cara Membuat:
- Sisir gula merah, campur dengan air kelapa dalam panci. Jerang dia atas api, didihkan hingga gula larut, angkat, saring, biarkan hingga hangat.
- Taruh tepung terigu, garam, baking powder dan soda kue dalam wadah. Tuangkan air gula yang masih hangat, aduk rata. Tepuk-tepuk dengan telapak tangan selama 30-45 menit hingga terasa ringan. Sisihkan selama 1 jam.
- Masukkan santan, aduk dan tepuk-tepuk kembali hingga tercampur, sisihkan lagi adonan selama kurang lebih 20 menit. Didihkan air dalam dandang, bungkus tutup dandang dengan serbet. Masukkan mangkuk-mangkuk cetakan (ukuran 50ml) ke dalam dandang dan panaskan selama 10 menit.
- Tuangkan adonan kedalam cetakan yang sudah dipanaskan hingga 3/4 penuh, tutup dandang. Kukus kue hingga mekar dan matang selama kurang lebih 20 menit, buka tutup dandang.
- Masukkan adonan santan ke atas pinggiran kue dalam mangkuk hingga kue hanya kelihatan ujung-ujungnya. Teruskan memasak selama lima menit hingga adonan santan matang, angkat. Biarkan hingga dingin, keluarkan kue dari cetakannya. [mor]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar